Ketika Pisang Menjadi Dendeng

Dendeng Pisang Kuliner Khas Padang Panjang

Pisang menjadi dendeng? Emang bisa? Ternyata bisa dan terbukti ada. Jenis makanan ini hanya akan anda temukan di kota Padang Panjang. Selama ini kita mengenal dendeng yang terbuat dari daging sapi. Dan sekarang dendeng pun bisa dibuat dari bahan olahan buah pisang. Rasanya? Silahkan datang kesini dan coba sendiri.

Jenis kuliner unik ini dibuat oleh Syamsibar atau yang biasa dipanggil Tek Ban, warga Kampung Kubu Gadang, Ekor Lubuk, Padang Panjang Timur. Ditangan beliau, mampu tercipta dendeng pisang dengan rasa yang enak dan gurih. Dan beliau mengatakan hasil olahannya ini cukup dinikmati bagi yang sudah mencoba dendeng pisang tersebut.

Tek Ban memulai membuat makanan ini pada tahun 2014, dengan memanfaatkan pisang samek atau pisang lidi sebagai bahan baku utama. Caranya dengan mengupas kulit hijau dan direndam dengan bumbu, digoreng setengah matang, kemudian di ketok tipis jadi dendeng. Kemudian digoreng lagi hingga menjadi matang.

“Menggorengnya dengan minyak goreng sekali pakai saja agar rasanya gurih. Sedangkan cita rasa tergantung sesuai pesanan. Ada dendeng pisang dengan cabe merah dan cabe hijau. Dan hingga kini yang banyak dipesan adalah dendeng pisang pakai cabe merah,” katanya.

Kebanyakan pesanan dendeng pisang ini berasal dari orang-orang tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas. “Mungkin mereka tahu cara saya membuatnya, sehingga terjamin kualitas dan kebersihannya” kata Tek Ban. Untuk bumbu, tek Ban tidak memakai bumbu olahan pabrik yang banyak dijual kemasan di pasaran. Melainkan membuat bumbu sendiri dari bahan dapur, seperti bawang putih, bawang merah dan jahe. Hal ini dilakukan agar ketahanannya bisa mencapai 15 hari.

Harga sebungkus dendeng pisang cukup bervariasi. Mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000. Pernah satu waktu, pesanan dendeng pisang ini dibawa ke Jepang.

Kini dendeng pisang menjadi salah satu pendukung Objek Wisata Kampung Kubu Gadang yang terkenal dengan atraksi silek lanyah.

Anda tertarik ingin mencoba dendeng pisang balado ini? Silahkan hubungi tek Ban (081382418364 / 085274911020 / 085265333306). Jika rasa tak mengecewakan, mengapa hanya mesti memakan satu kali saja. Ya kan. (Sumber).

No Comments

Post A Comment