Optimalisasi Penggunaan Google My Business

Google My Business atau Google Bisnis Saya merupakan aplikasi bisnis dari Google yang bersifat gratis dan terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya seperti Google Adwords. Dengan optimalisasi penggunaan Google My Business ini, bisnis/jasa/produk anda bisa ditemukan dengan mudah oleh calon pelanggan dan pelanggan anda dengan mudah dari hasil googling karena fitur ini memang dirancang berdasarkan pemetaan lokasi bisnis.

Di tulisan ini, saya akan membahas beberapa tips untuk mengoptimalkan fitur Google My Business sebagai penunjang promosi bisnis anda berdasarkan lokasi. Tips-tips ini saya rangkum berdasarkan pengalaman saya menangani sejumlah akun Google My Business klien saya yang berjumlah sekitar 13 akun dengan bisnis yang berbeda-beda. Aplikasi atau fitur ini bisa digunakan dari aplikasi android atau bisa juga di akses dari browser desktop. Yuk kita bahas satu persatu.

Pertama, anda perlu membuka Google Maps untuk menentukan lokasi bisnis anda (dalam situasi anda sedang berada di lokasi bisnis dengan posisi GPS aktif). Selanjutnya, silahkan klik lokasi anda tersebut dan cari opsi “Own this business/Claim this business”

Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman login akun Google anda. Lakukan login dan lanjutkan proses klaim lokasi bisnis. Isilah kolom-kolom yang tersedia dengan  data yang valid. Semisal nomor telpon/hp, nama bisnis, jam operasional, dan website.

Satu hal yang paling vital adalah pembuatan alamat. Rata-rata alamat lokasi di Google tidak sesuai dengan alamat sebenarnya. Bisa saja sebuah lokasi yang terkenal hanya memiliki nama jalan tanpa nomor bangunan. Dan ini kebanyakan berstatus terverifikasi karena sering di akses atau dikunjungi secara langsung oleh orang lain.

Di Google My Business anda malah wajib menuliskan alamat lengkap bisnis anda. Mengapa? Karena nantinya proses verifikasi lokasi akan membutuhkan surat berisi kode verifikasi dari Google yang akan dikirim ke alamat yang didaftarkan. Jika alamat yang terdaftar tidak lengkap, jangan harap pihak ekspedisi akan mengantarkan surat tersebut kepada anda jika alamat tidak lengkap, karena pasti akan susah dicari. Beda halnya jika lokasi tersebut bersifat fasilitas umum, milik organisasi, pemerintah, atau telah terkenal di satu daerah. Tentunya akan mudah dikenali.

Proses verifikasi lokasi baru hanya via surat. Sementara verifikasi lokasi yang telah dikenal atau disebut klaim lokasi, bisa saja menggunakan opsi via surat, email, dan nomor telpon. Tergantung kepada informasi kontak yang telah ada.

Jika alamat bisnis anda sama sekali belum dikenal, untuk memudahkan lokasi anda tampil di laman hasil pencarian, begini triknya. Pada saat pengisian alamat bisnis, tuliskan alamat secara lengkap (nama jalan, nomor bangunan, daerah, dan kodepos). Setelah itu otomatis marker/penanda di peta akan hilang dan anda diminta untuk menentukan lokasi yang tepat sesuai alamat. Jadi urutannya adalah pengisian alamat lengkap terlebih dahulu, baru kemudian menandai di peta. Setelah itu klik Save/simpan. Jangan lupa menuliskan nama lengkap anda. Ini nantinya akan menjadi nama penerima surat kode verifikasi. Proses verifikasi bisa jadi memakan waktu 4 hari atau lebih. Tergantung lama pengiriman surat kode verifikasi. Kadang bisa jadi tidak anda terima sama sekali. Namun, anda bisa request kode verifikasi yang baru sebanyak 3-4 kali lagi. Pastikan alamat anda sudah ditulis dengan lengkap.

Kedua, jika bisnis anda belum dikenal secara luas, jangan membuat nama bisnis anda dengan singkat seperti “Toko Cahaya”, “Studio Dijua, dan lainnya. Ini bersifat sangat rancu dan akan susah untuk tampil di halaman pencarian paling awal.

Cara yang baik adalah, tuliskan nama lengkap dengan menambahkan keyword sesuai bisnis anda. Misalnya: “Toko baju anak Kemilau”. Ingat, ini berkaitan sekali dengan SEO (Search engine optimization) di Google. Sehingga jika ada yang mencari di Google dengan keyword “toko baju anak kota X”, otomatis bisnis anda akan berkesempatan ditampillkan sesuai lokasi.

Ketiga, di Google My Business ada terdapat fitur posting, upload foto, review dan rating, serta website gratis dengan domain *business.site. kita akan bahas satu persatu.

Anda bisa memposting sebuah konten layaknya menggunakan media sosial lainnya. Namun fiturnya masih sangat sederhana. Hanya bisa untuk teks dan foto pada saat ini. Jangan lupa menyusun jadwal khusus postingan anda.

Di seksi foto, upload-lah foto-foto produk dan foto lokasi bisnis anda. Ini bertujuan untuk mempermudah calon klien atau konsumen mengenali lokasi anda berdasarkan foto.

Review dan rating. Orang lain bisa menambahkan review atau ulasan di laman Google My Business anda. Sekaligus memberikan rating bintang untuk anda. Dan ingat, review dengan rating bintang terbanyak akan berada di posisi paling atas hasil pencarian. Sebisa mungkin mintalah review dan rating pada konsumen atau klien anda dengan memberikan link akun Google My Business anda. Jika anda telah memiliki website, silahkan kopi paste embeed code peta lokasi bisnis ke website anda. Tujuannya agar orang mudah mengenalinya di laman pencarian.

Untuk website Google My Business bersifat gratis dan memiliki tampilan yang simpel. Anda bisa mengganti tema website dan menambahkan informasi dan foto disana. Untuk domain, jika free nantinya akan menjadi ex: www.tokokemilau.business.site. Atau anda juga bisa langsung membeli domain global disana seperti .com dan .net.

Meski bersifat gratis, tetapi fitur Google My Business ini saya rasa cukup efektif untuk pencarian spot bisnis berdasarkan lokasi. Mengapa? Karena rata-rata dijaman sekarang, Google selalu menjadi laman pencarian favorit untuk mencari informasi tentang semua hal. Terlebih lagi, Google My Business merupakan produk Google sendiri. Otomatis akan disupor keberadaannya di laman pencarian raksasa ini.

Selain itu, di halaman admin, terdapat fitur Insight untuk anda mengetahui seberapa besar feedback jangkauan yang didapat dari laman pencarian terhadap bisnis anda. Dan laporannya akan otomatis terkirim juga ke email Google anda satu kali sebulan. Sehingga anda bisa memantau progres jangkauan akun Google My Business anda dari waktu ke waktu.

Dan meskipun tidak memiliki fitur selengkap medsos lainnya seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Namun fitur Google My Business layak dicoba untuk optimalisasi branding anda. Karena sifatnya yang gratis dan efektif. Dan akan lebih baik jika anda juga menggunakan medsos lainnya dan website.

Belum pernah mencoba Google My Business? Silahkan coba sekarang.

No Comments

Post A Comment